Manfaat Anggur untuk Kesehatan

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Dapatkah makan buah anggur mengurangi dampak negatif dari diet garam pada tekanan darah atau bahkan penyakit jantung? Para peneliti di Michigan State menyatakan bahwa anggur dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi tanda-tanda kerusakan otot jantung, dan mengatakan bahwa efek ini terjadi karena anggur mengandung antioksidan alami.

Para peneliti menguji hal ini dengan cara memberikan bubuk anggur pada tikus laboratorium. Satu kelompok tikus diberi makan dengan diet garam yang tinggi dan satu kelompok lainnya diberikan diet rendah garam. Para peneliti itu kemudian membandingkan hasil dengan tikus yang diberi makan dengan diet garam tinggi tetapi tidak mengandung bubuk anggur. Beberapa tikus juga diberi obat tekanan darah (hidrazin) bersamaan dengan diet garam tinggi.

Obat bekerja tekanan darah memang berhasil menurunkan tekanan darah, tetapi tidak melindungi hati tikus seperti anggur bubuk. Kepala penelitian pun menyimpulkan bahwa sesuatu dalam anggur “memiliki dampak langsung pada risiko kardiovaskular” yang bahkan melampaui efek penurun tekanan darah.

Jumlah anggur yang diberikan kepada tikus itu setara dengan konsumsi sembilan porsi buah anggur per hari untuk manusia. Para peneliti menyebut hasil mereka sangat menggembirakan tetapi juga mencatat adanya kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut pada masalah ini. Studi ini diterbitkan dalam edisi Oktober 2008 Journal of Gerontology: Biological Sciences.

One Response

Leave a Reply