Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi Dan Kolesterol Tinggi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Dewasa ini, jumlah penderita darah tinggi dan kolesterol semakin banyak. Jika dulu, penyakit ini hanya dialami oleh orang-orang berusia tua, namun sekarang anak muda pun mudah terserang salah satunya. Seperti kita ketahui jika mengalami darah tinggi atau kolesterol, secara otomatis resiko dihinggapi penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner menjadi dua kali lipat lebih tinggi. Kedua penyakit tersebut memang erat kaitannya dalam memicu penyakit mematikan. Kolesterol sebenarnya merupakan zat dengan fungsi penting bagi tubuh. Produsen utama zat ini adalah organ hati, namun dapat juga diperoleh melalui makanan. Gejala kolesterol atau darah tinggi memang tidak tampak, justru itulah yang sangat berbahaya. Untuk itu, anda dianjurkan untuk menjaga pola makan sehari-hari. Yakni dengan konsumsi makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol.

 

Makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol tidak dikhususkan untuk pasien penyakit tersebut, namun baik juga untuk kita konsumsi dalam upaya pencegahan. Resep sederhana dalam meraih tubuh sehat adalah dengan makan dan olahraga secukupnya. Namun yang terjadi adalah salah satu dari bagian tersebut tidak saling melengkapi. Maka muncul aneka penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. Kondisi tubuh setiap manusia tidaklah sama. Ada beberapa tubuh yang sangat rentan dengan tingginya kolesterol dan kenaikan tekanan darah.

Menu Makanan Sehat Bagi Penderita Darah Tinggi Dan Kolesterol
Darah tinggi dan kolesterol memang tidak membawa penderitanya langsung pada kematian. Tapi gerbang menuju kerusakan jantung dan stroke menjadi semakin terbuka. Jika usia anda saat ini sudah menginjak 30 tahun, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Sebelum terlanjur divonis berpenyakit dan dianjurkan konsumsi obat kolesterol tinggi serta hipertensi, konsumsi beberapa makanan berikut baik menjaga kenormalan kolesterol dan tekanan darah.

1.    Kacang-kacangan
Makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol yang pertama adalah segala jenis kacang. Baik kacang tanah, almond, kedelai, dan kacang merah, mengandung magnesium dan potasium tinggi. Dua zat tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu lemak nabati yang dimiliki kacang turut berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi perlu diperhatikan jumlah yang dikonsumsi. Usahakan tidak memakannya dalam jumlah berlebih, karena tingginya potasium akan menjadi bahaya bagi ginjal.

2.    Cokelat hitam
Cokelat hitam sangat tinggi akan kandungan flavonoid. Zat tersebut berperan penting dalam menghambat pembentukan plak sehingga mencegah peningkatan tekanan darah. Antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate membantu menonaktifkan radikal bebas serta mengontrol kolesterol dalam tubuh dan mengurangi sintesis LDL. Bahkan jenis coklat ini mampu meningkatkan kolesterol HDL yang baik melindungi jantung. Selain baik menjadi makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol, konsumsi cokelat bisa menjadi solusi tepat saat anda stres. Hal ini karena kandungan polyfenol yang ada di dalamnya.

3.    Jus wortel dan jeruk nipis
Kandungan magnesium dan potasium dalam wortel mampu mereduksi kolesterol dalam darah. Selain itu, dapat juga menormalkan kembali tekanan darah yang meninggi. Sedangkan keasaman jeruk nipis dapat memecah lemak dan selanjutnya dilarutkan air saat proses pencernaan. Selain berperan sebagai makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol, orang dengan diabetes juga disarankan untuk minum jus secara rutin. Bonusnya, kandungan betakaroten pada wortel sangat bagus menjaga kesehatan mata anda.

4.    Ikan
Penderita darah tinggi dan kolesterol tidak dianjurkan mengkonsumsi daging merah, kuning telur, jeroan, udang, dan keju. Namun tubuh tetap harus memerlukan asupan protein sebagai pembentuk sel baru bagi tubuh. Maka makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol dengan protein tinggi dapat diperoleh dari ikan. Kandungan asam lemak omega-3 mencegah pembentukan plak pada arteri dan mencegah tekanan darah tinggi. Ikan tinggi protein dan rendah lemak sehingga tidak akan menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsilah jenis ikan seperti ikan salmon dan ikan air tawar lain.

5.    Buah Anggur
Buah anggur menjadi salah satu makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol. Buah bergerombol ini kaya akan pectin, vitamin C, asam folat, dan lycopene. Anggur mengandung pectin yang merupakan serat alami yang mampu mengikat kolesterol jahat dan racun dalam darah. Vitamin C berkhasiat melenturkan arteri sehingga tekanan darah menurun. Selain itu, vitamin C juga berperan aktif sebagai penangkal radikal bebas. Konsumsi anggur secara berkala dapat menstabilkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

6.    Bawang putih
Selain dikenal sebagai bumbu penyedap masakan dan penambah aroma, ternyata bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kebanyakan orang memang tidak menyukai aroma menyengat bawang putih. Namun saat menilik beragam manfaatnya, sebaiknya mengesampingkan bau dan mulai mengkonsumsinya. Bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. kandungan gas hidrogen sulfida dalam bawang putih berguna melebarkan pembuluh darah serta berperan mengontrol tekanan darah. Tidak heran jika bawang putih dijadikan makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol.

7.    Cacing tanah
Pasti anda sudah jijik terlebih dahulu saat bertemu hewan ini. Tahukah anda beberapa penelitian menunjukkan jika antibakteri dan protein hasil sekresi cacing dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti E.Coli. Selain itu cacing juga digunakan untuk makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol. Tentunya setelah mengalami proses pengolahan secara medis. Kapsul cacing dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah pada penderita hipertensi secara berkala.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Darah Tinggi Dan Kolesterol
Selain mengkonsumsi makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit tersebut. Pantangan utama penderita hipertensi adalah makanan dengan kandungan garam tinggi. Garam berlebih akan menaikkan tekanan darah, hal ini karena sifat garam yang dapat menyerap air. Namun bukan berarti anda tidak boleh makan garam sama sekali. Penderita darah tinggi maksimal makan garam 6 gram dalam sehari. Hindari juga makanan kaleng, mie instan, dan daging olahan, karena pengawet yang terdapat didalamnya dapat memicu naiknya tekanan darah. Makanan olahan seperti snack, keripik, sayuran kering, cracker, dan kecap asin biasanya mengandung sodium tinggi. Dalam diet sehari-hari, protein menjadi komponen penting. Namun waspadai protein yang disertai lemak jenuh seperti seafood.

Musuh utama tekanan darah tinggi adalah kolesterol. Terutama kolesterol jahat yang dapat menyumbat pembuluh arteri. Tubuh dapat menghasilkan LDL dengan sendirinya, jadi anda tidak membutuhkan konsumsi lemak hewan. Lemak jenis trigliserida dapat memicu penyumbatan pembuluh darah dan memperparah tekanan darah tinggi. Konsumsi makanan enak dengan lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol. Seperti makanan yang digoreng dengan minyak sayur, susu full cream, keju, kuning telur, daging kambing, dan kulit ayam. Memang sebagian makanan enak dan favorit merupakan pantangan. Tapi masih banyak jenis makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol yang tidak kalah enak jika diolah dengan kreatif.

Penulis: Muhamad Azhari
Editor: Uhen Hendrayana

Sumber informasi:
https://www.brilio.net/life/5-alasan-sehat-kenapa-kamu-perlu-mengonsumsi-dark-chocolate-150507q.html,
https://www.brilio.net/life/ini-9-mitos-dan-fakta-tentang-buah-buahan-yang-sering-kamu-makan-150407j.html,
http://www.beritasatu.com/kesehatan/338229-bawang-putih-penyedap-masakan-juga-penjaga-kesehatan.html,
https://www.brilio.net/news/jangan-lihat-bentuknya-hewan-menjijikkan-ini-ternyata-kaya-manfaat-150919d.html

Leave a Reply